Senin, 16 Desember 2013

kutipan gus mul 1

Untuk Apa Berorganisasi?

Kebetulan tetangga ada yang ikut komunitas /organisasi sepeda motor Trill, Sehingga kadang kadang pada hari minggu, ada acara kumpul-kumpul sesama komunitas sepeda motor Trill. Beberapa waktu lalu acara kumpul-kumpul komunitas Trill berada di rumah tetangga itu ( pas sebelah rumah). Sambil mengamati motor Trill saya juga mendengarkan apa yang mereka bicarakan.

Sambil guyon, mereka membicarakan tentang tips-tips perawatan motor Trill, mereka juga membicarakan tentang tantangan dalam melewati jalur yang berat, dan mereka juga diskusi mempersiapkan jalur baru untuk dilalui pada kegiatan ngetriil berikutnya, dan kadangkala mereka melakukan penghijauan pada jalur-jalur yang gersang yang pernah mereka lalui.

Suatu ketika saya pernah ikut kumpul-kumpul komunitas/organisasi pecinta burung. Pembicaraan tentunya tentang bagaimana merawat burung, dan bagaimana mengembangkan peternakan, dan bagaimana cara menyadarkan masyarakat untuk tidak melakukan penangkapan di alam.

Sama halnya dengan komunitas/organisasi pecinta anggrek, juga membicarakan bagaimana mengembangkan keaneragaman anggrek di Indonesia, bagaimana meningkatkan kualitas penangkaran anggrek, dan juga membicarakan jadwal untuk melakukan pameran anggrek.

Juga yang dilakukan oleh komunitas pecinta lingkungan, mereka membicarakan bagaimana meningkatkan kualitas lingkungan, bagaimana menyelesaikan persoalan sampah, bagaimana melakukan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan.

Jadi apa yang dilakukan oleh para komunitas di atas adsebagai sebuah gerakan, sebuah perjuangan, gerakan atau perjuangan untuk mengembangkan olahraga Trill, gerakan atau perjuangan mengembangkan peternakan burung ocehan, gerakan atau perjuangan untuk mengembangkan penangkaran angrrek, gerakan penyadaran lingkungan dll.

Berbeda dengan itu, ada sekelompok mahasiswa (saya tidak tahu mahasiswa dari PT mana) yang lagi makan malam di warung. Ketika mendengarkan obrolan mereka yang Sepertinya mereka adalah aktifis mahasiswa. Yang dibicarakannya lebih kearah politik, sepertinya politik kampus. Yang dibicarakan berhawa intrik-intrik politik. Yang dibicarakan berkaitan dengan posisi-posisi jabatan.

Tidak saja mahasiswa, seringkali beberapa dosen yang juga aktifis kampus yang tergabung dalam organisasi tertentu kadangkala sering yang dibicarakan adalah berkaitan dengan politik kampus, berkaitan dengan posisi-posisi jabatan.

Sebenarnya berorganisasi untuk apa? Memperjuangkan apa?

Ketika melihat dan mendengarkan apa yang dibicarakan oleh para komunitas sepeda trill, para komunitas pecinta burung, para komunitas pecinta lingkungan, komunitas pecinta anggrek….ternyata mereka merperjuangkan sesuatu yang mulia, kelestarian lingkungan dan seterusnya.

Jadi Berorganisasi, harus ada yang diperjuangkan…memperjuangkan sesuatu untuk kehidupan yang lebih baik.

Untuk apa berorganisasi, jika tujuannya hanya sekedar mencari ketenaran.
Untuk apa berorganisasi, jika tujuannya hanya sekedar mencari kekuasaan.
Untuk apa berorganisasi, jika yang diperjuangkan tidak jelas.
Untuk apa berorganisasi, jika tidak ada yang diperjuangkan.
Untuk apa berorganisasi, jika yang diperjuangkan bukan sesuatu yang mulia.
Untuk apa berorganisasi, jika hanya memperjuangkan kepentingan diri sendiri/kelompok.
Untuk apa berorganisasi, jika tidak dapat membangun kualitas diri.
Untuk apa berorganisasi, jika hanya akan melahirkan fanatisme yang tidak jelas.
Untuk apa berorganisasi, jika hanya dimanfaatkan oleh para elit organisasi itu.

Berorganisasi sangat penting, jika dan hanya jika ada sesuatu yang diperjuangkan…dan sesuatu yang diperjuangkan itu adalah sesuatu yang mulia.

Wallahu A’lam
(4 Desember 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Candi Badut Warisan Tertua Jawa Timur

Candi Badut Warisan Tertua Jawa Timur   Oleh : Muhammad Faizal Biologi 12620074 085731144277 Muhammad.faizal.200@gma...